Hit Counter:

Minggu, 24 Januari 2010

Peta yang menyesatkan

Saya pernah punya teman yang mengalami ketakutan luar biasa kepada rekan sekerjanya,  sehingga mengakibatkan takut untuk berangkat kerja dan sempat minta dipindahkan ke unit kerja lain agar tidak ketemu dengan orang itu.

OK sampe disitu saja cerita latar belakangnya ya,..
Setelah melalui proses Building rapport, Pre inductin, Induction,...walah teknis banget ya? akhirnya saya sampaikan hal berikut:

Saat ini anda ibaratnya sedang membaca sebuah peta,  ya sebuah peta kota Surabaya yang ruwet.  Di dalamnya tergambar secara detail nama jalan,  nama daerah,  sungai,  gedung-gedung, lengkap dengan gambar fasilitas umum serta penunjuk arah.  Bahkan saking lengkapnya anda bisa melihat tempat-tempat kuliner favorit beserta daftar harganya.Kompleks dan rumit bukan?
Nah,...
Pada kenyataannya anda saat ini sedang berdiri di suatu ruangan,  ya,.. anda berdiri di dalam suatu ruangan yang hanya melihat dinding,  perabot,  jendela dan beberapa alat bantu kerja serta sedikit pemandangan di luar.  Tidak seperti yang tertera di dalam peta yang rumit,  padat dan sangat kompleks. Lalu mengapa anda pusing dengan gambar di peta itu?

Rasa takut yang tidak perlu itu timbul karena otak anda membuat peta sendiri atas apa yang akan terjadi pada diri anda akibat apa yang akan dilakukan oleh orang lain. Padahal itu semua hanya sebuah bayangan hasil rekayasa otak anda.  Kenyataannya tidak seperti itu bukan?

Lalu,...untuk apa kita diperbudak oleh peta yang menyesatkan itu?  lihat kenyataan saja dan tetaplah berpikir positif,  insya Allah anda akan merasa tenang.  Sejak perbincangan itu teman saya langsung bisa merubah sikap.  Hilang rasa takut yang berlebihan dan bersikap lebih percaya diri.

Apakah anda juga suka membuat peta yang ruwet di otak anda?
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Sekarang masalahnya adalah bahwa saya tdk menyukai seseorang entar karena apa, dan ternyata begitu pula sebaliknya orang tersebut juga tdk menyukai saya. Akhirnya kami tdk saling tegur dan akan saling menghindar jika ketemu dalam sebuah forum. Apakah hal ini juga termasuk dalam kategori masalah spt diatas?

    BalasHapus